Pemrograman Desktop
1. OOP
ü
Metode : merupakan suatu operasi serupa
fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu objek. Contoh : objek mangga
terdapat method ambil, rasa, kupas kulit.
4 bagian dasar
1. Nama Metode
2. Tipe Objek Primitive
3. Daftar Parameter
4. Badan atau Isi metode
ü
Property (Atribut) : adalah data yang terdapat
dalam sebuah class.
ü
Event : Fungsi yang dipanggil untuk merespon
event tertentu, misalnya klik mouse, penekanan tombol keyboar, dan lain lain.
ü
Indexer : adalah struktur data yang mengatur
record data pada disk untuk mengoptimalkan beberapa jenis operasi pengambilan
tertentu.
ü
Operator : adalah operasi yang memiliki
macam-macam jenis.
ü
Konstruksi : adalah kegiatan membangun. Dalam hal
OOP, konstruksi dari pemrograman Java selalu berbasis pada OOP. Konstruktor daalah
fungsi anggota dari suatu kelas yang secara otomatis dijalankan ketika suatu
objek diciptakan. Konstruksi memliki beberapa aturan.
ü
Destruktor: adalah fungsi anggotadari suatu
kelas yang akan dijalankan secara otomatis pada saat objek akan hilang/sirna.
2. Fungsi
Fungsi adalah suatu statement dimana pada
suatu proses atau rumus akan mengembalikan nilai kepada pemanggil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar