Senin, 30 Januari 2017

OOP & Fungsi

Pemrograman Desktop

1. OOP

ü  Metode : merupakan suatu operasi serupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu objek. Contoh : objek mangga terdapat method ambil, rasa, kupas kulit.
4 bagian dasar
1. Nama Metode
2. Tipe Objek Primitive
3. Daftar Parameter
4. Badan atau Isi metode
ü  Property (Atribut) : adalah data yang terdapat dalam sebuah class.
ü  Event : Fungsi yang dipanggil untuk merespon event tertentu, misalnya klik mouse, penekanan tombol keyboar, dan lain lain.
ü  Indexer : adalah struktur data yang mengatur record data pada disk untuk mengoptimalkan beberapa jenis operasi pengambilan tertentu.
ü  Operator : adalah operasi yang memiliki macam-macam jenis.
ü  Konstruksi : adalah kegiatan membangun. Dalam hal OOP, konstruksi dari pemrograman Java selalu berbasis pada OOP. Konstruktor daalah fungsi anggota dari suatu kelas yang secara otomatis dijalankan ketika suatu objek diciptakan. Konstruksi memliki beberapa aturan.
ü  Destruktor: adalah fungsi anggotadari suatu kelas yang akan dijalankan secara otomatis pada saat objek akan hilang/sirna.

2. Fungsi


Fungsi adalah suatu statement dimana pada suatu proses atau rumus akan mengembalikan nilai kepada pemanggil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGERTIAN, JENIS, ATURAN EXCEPTION (TRY CATCH & FINALLY)

PENGERTIAN EXCEPTION Exception adalah setiap kejadian yang abnormal, tidak diharapkan, dan kondisi yan g tidak umum yang mungkin ter...